Resep Nasi Kuning yang Gampang Dibikin, Dijamin Ketagihan

oleh
Nasi Kuning

BANDUNG, LENSAJABAR.COM — Indonesia merupakan negara yang kaya akan kuliner, ada banyak sajian makanan yang bisa Anda temukan di Indonesia dan setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri, bahkan untuk makanan nasi pun bisa diolah menjadi beragam menu, seperti nasi goreng, nasi kucing, nasi uduk hingga nasi kuning. Banyak orang mencari resep nasi kuning yang mudah dibuat dan memiliki cita rasa enak. Biasanya nasi ini disajikan ketika ada acara, bentuk syukuran atau menjadi menu harian.

Nasi kuning menjadi salah satu masakan tradisional di Indonesia yang cukup unik karena warnanya kuning dengan cita rasa yang gurih dan bisa disajikan dengan berbagai lauk. Nasi kuning juga bisa dijadikan sebagai peluang untuk membuka usaha makanan yang banyak digemari konsumen. Makanya tak heran jika banyak orang mencari resep masakan ini untuk belajar membuat nasi kuning.

Resep Nasi Kuning ala Rumahan Anti Repot

Membuat nasi kuning sendiri di rumah bukanlah hal yang sulit asalkan Anda sudah mempersiapkan bahan-bahan dengan baik dan tahu cara membuatnya. Masakan rumahan ini dapat membangkitkan selera makan setiap orang yang mencobanya. Siapa tahu ini menjadi hidangan yang disukai oleh keluarga Anda. Adapun berikut resep membuat nasi kuning, mulai dari bahan dan cara pembuatan yang bisa Anda lakukan, yaitu;

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

Sebelum membuat nasi kuning, maka hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan nasi kuning. Bahan-bahan inilah yang nantinya membuat nasi berwarna kuning dan tercipta aroma yang lezat dengan rasa gurih. Anda bisa menyiapkan bahan-bahan ini sesuai dengan porsi nasi kuning yang akan di buat. Berikut yang harus disiapkan:

  • Beras putih sebanyak 8 cangkir sedang
  • Santan kelapa sebanyak 900 ML
  • Kunyit sebanyak 1 ruas jari kunyit
  • Bawang merah sebanyak 5 siung
  • Daun salam sebanyak 4 lembar
  • 3 batang serai yang sudah di geprek
  • 2-3 lembar daun pandan
  • 1/5 ruas jari jahe
  • Garam dan gula secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

Setelah mengetahui bahan yang harus disiapkan, maka langkah selanjutnya Anda harus mengetahui step-step pembuatan nasi kuning. Adapun berikut langkah-langkah pembuatannya yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Masukkan beras yang sudah disediakan ke dalam panci untuk dicuci atau dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air mengalir. Setelah benar-benar bersih, Anda bisa melakukan pembilasan menggunakan air matang dan bersih. Rendam sebentar terlebih dahulu.
  2. Kumpulkan semua bahan atau bumbu dapur yang sudah disiapkan seperti kunyit, jahe, bawang merah, garam dan gula. Blender bumbu-bumbu tersebut hingga halus, lalu masukkan ke dalam santan cair dan aduk sampai merata.
  3. Santan yang sudah diberikan bumbu halus tadi, kemudian direbus sampai mendidih. Selama perebusan, Anda dapat mengaduk santan tersebut untuk menghindari tekstur santan agar tidak pecah.
  4. Setelah santan mendidih, Anda bisa menyaring santan agar lebih bersih serta tidak memiliki ampas dari bumbu yang dicampurkan tadi.
  5. Beras yang sudah direndam tadi, dibuang airnya. Lalu masukkan santan rebus ke dalam beras yang sudah bersih untuk mulai dimasak.
  6. Untuk menambah cita rasa gurih dari nasi kuning yang akan dibuat, Anda dapat memasukkan daun salam serta sereh yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam beras yang direndam santan.
  7. Anda bisa mulai membuat nasi dengan cara merebus beras yang sudah direndam santan tadi di dalam panci lalu dimasak menggunakan api kecil. Selama proses memasak Anda bisa mengaduk sesekali. Setelah nasi sedikit matang dan air santan berkurang Anda dapat mematikan api. Ambil daun sereh dan daun salam yang ada di dalam beras lalu masukkan daun pandan.
  8. Lanjutkan memasak nasi hingga optimal menggunakan alat pengukus nasi atau magic com. Pastikan nasi benar-benar sudah matang dan siap disajikan. Anda bisa menyajikan nasi kuning ini dengan berbagai lauk apapun seperti bihun, telur rebus, orek tempe, tahu goreng, sambal dan tambahan lauk lainnya. Tentunya sajian ini akan menggoyang lidah Anda dan mengenyangkan perut.

Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Apakah Anda tertarik untuk membuat nasi kuning sendiri di rumah? Tentunya, Anda bisa memasak nasi kuning ini dengan mudah dengan cara langsung memasaknya melalui Magic Com.

Ya, pasalnya magic com merupakan salah satu alat kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi atau dimiliki. Bukan hanya membuat memasak nasi jadi lebih mudah dan praktis, tetapi juga dapat menghemat waktu dan tenaga, serta hasil yang optimal. Anda hanya perlu mengukus nasi di magic com, lalu menghubungkan colokan magic com ke listrik dan biarkan saja hingga matang dengan sendirinya.

Tentu ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membeli magic com seperti mulai dari ukuran, kualitas, keawetan, dan fungsinya. Anda bisa membeli magic com dengan mudah, praktis dan hemat biaya di toko online terbaik dan terpercaya, seperti Blibli.

Blibli merupakan salah satu marketplace terbaik dan terpercaya buatan Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2011. Ada banyak produk yang Anda temukan di Blibli, mulai dari peralatan rumah tangga, produk fashion wanita dan pria, produk elektronik dan lainnya.

Tak perlu khawatir berbelanja di Blibli, karena toko online satu ini akan memberikan barang berkualitas dan original dengan harga terjangkau. Tentunya pelayanan yang diberikan juga maksimal, sehingga Anda bisa berbelanja dengan nyaman dan aman.

Itulah beberapa hal mengenai resep nasi kuning mulai dari bahan yang harus disiapkan dan cara pembuatannya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *