Polres Bogor Berhasil Menangkap Pelaku Penculikan Anak

banner 468x60

BOGOR, LENSAJABAR.COM – Satuan Reserse Kriminal Polres Bogor bersama Resmob Kelapadua berhasil menangkap pelaku penculikan anak yang berinisial A (28) diwilayah Bogor dan Jakarta Selatan. Pelaku berhasil ditangkap di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (12/5/22).

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin menjelaskan, dari hasil pemeriksaan tersangka, sudah tiga kali menjalani hukuman pidana. Dua kali menjalani hukuman pidana mengenai kasus terorisme, satu kali kasus penipuan terjadi di Depok dan yang bersangkutan juga pernah mengikuti pelatihan di Poso 7 bulan.

“Untuk motif, kami masih melakukan pendalaman dengan mengumpulkan keterangan dari pelaku. Kami juga belum bisa memberikan keterangan lebih jauh apakah aksi penculikannya berkaitan dengan kasus terorisme yang sebelumnya menjerat pelaku,” ungkapnya, Kamis (12/5/2022).

Sementara, modus yang dilakukan oleh pelaku yakni mengaku sebagai anggota polisi. Kemudian, pelaku menakuti para korban yang melanggar protokol kesehatan degan tidak memakai masker.

“Yang bersangkutan mengaku sebagai anggota kepolisian Satgas Covid-19, menegur anak-anak melanggar prokes, merokok, lalu anak tersebut untuk ikut serta dengan pelaku,” pungkasnya.

Masih katanya, setelah dilakukan pengejaran pelaku berhasil ditangkap di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Ketika ditangkap pelaku sedang bersama sepuluh anak-anak yang sempat hilang.

“Saat kita temukan di sebuah masjid di Kebayoran Lama itu posisinya sedang membawa anak-anak. Dari lokasi kami amankan kurang lebih 10 anak. Yang 9 satu rombongan dari Jakarta Pusat dan yang satu yang hilang di Jakarta Selatan,” jelas Iman lagi.

Sebelumnya, bocah laki-laki berinisial FF (11) warga Kemang, Kabupaten Bogor sempat menghilang sejak Minggu 8 Mei 2022. Korban menghilang saat olahraga pagi bersama dengan teman-temannya.

Lalu datang pria tidak dikenal mengendarai motor menghampiri FF dan teman-temannya. Pria itu sontak mengaku sebagai anggota Kepolisian dan menegur karena tidak menggunakan masker.

Setelah itu FF dibawa oleh pria tersebut hingga tak kunjung pulang. Hingga akhirnya korban ditemukan diwilayah Fatmawati, Jakarta pada Selasa 10 Mei 2022.

“Pelaku dijerat dengan pasal 82 dan pasal 83 Jo 76F UU no.35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dan atau Pasal 330 KUHPidana ancaman hukuman paling lama 15 belas tahun,” tutup Iman Imanuddin.

Reporter : Ayub
Editor : Idoy

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.