Menggugah Selera..! 42 Santapan Khas Jawa Barat Terkenal, Sangat Lezat serta Istimewa

oleh
Santapan Khas Jawa Barat, Bakakak

Buat Para Pecinta Kuliner Yuk Kita Intip Kabar dari Kami…

Santapan Khas Jawa Barat di bawah Ini …!

Berdialog tentang santapan khas Jawa Barat merupakan, salah satu wilayah yang menawarkan banyak sekali santapan khas buat dicoba.

Bila Kamu ialah pecinta kuliner yang militan, hingga pasti harus untuk Kamu buat berupaya sebagian santapan khas yang terdapat di Jawa Barat buat pengalaman wisata kuliner yang menarik.

Memanglah, sesungguhnya tidak hanya urusan wisata kuliner, Jawa Barat pula masuk dalam salah satu destinasi wisata sangat ramai di Indonesia.

Di wilayah ini banyak sekali objek wisata terbaik yang sukses menarik turis dari mana saja. Tidak cuma dari dalam negara, tetapi turis pula banyak tiba dari luar negara.

Nah, keadaan inilah yang menimbulkan bermacam- macam panganan khas dari Jawa Barat. Terdapat semacam simbiosis mutualisme dari Jawa Barat bagaikan ikon wisata, serta banyaknya santapan khas Jawa Barat, ialah kedua perihal ini membuat Jawa Barat terus menjadi ramai serta diketahui oleh warga luas.

Kembali pada santapan khas dari Tanah Sunda ini, terdapat sebagian perihal unik yang wajib Kamu tahu tadinya.

Ya, salah satu karakteristik unik dari santapan khas Jawa Barat merupakan rasanya yang pedas. Hawa di Jawa Barat populer sejuk serta dingin sehingga memerlukan santapan buat menghangatkan tubuh. Nah, alibi inilah yang membuat santapan pedas begitu laku.
Tidak hanya itu, santapan di Jawa Barat populer dengan kreativitas dalam buatnya. Banyak tipe santapan yang dihasilkan dengan bahan yang sama serta simpel. Nah, Kamu penasaran bukan dengan aneka santapan khas Jawa Barat tersebut?

Ikuti sebagian pembahasan sepenuhnya di bawah ini!

Catatan Santapan Khas Jawa Barat

Sebagaimana disinggung di sini kalau terdapat lumayan banyak santapan khas Jawa Barat yang ada, serta dapat Kamu peruntukan incaran buat penuhi hasrat wisata kuliner Kamu. Apa saja macam santapan khas tersebut? Kita hendak mengulasnya di dasar ini.

Cireng

Cireng merupakan salah satu santapan khas Jawa Barat yang telah masuk kelas nasional. Nama santapan ini sesungguhnya berasal dari singkatan aci goreng ataupun aci yang digoreng.

Dari nama tersebut, dapat dilihat kalau bahan utama cireng merupakan tepung aci. Tidak hanya itu, dari namanya, kita pula ketahui gimana metode pembuatannya, ialah digoreng.

Perihal ini berarti sebab terdapat metode masak aci yang lain yang nanti hendak mengganti nama santapan tersebut. Sebagaimana disinggung di sini kalau santapan khas Jawa Barat kerap memakai satu bahan serta berbeda- beda namanya.

Nah, salah satu santapan khas Jawa Barat ini terbuat dengan kombinasi tepung tapioka, tepung terigu, air, garam, merica bubuk, bawang putih, daun bawang serta yang lain.

Sekilas, bahan tersebut lumayan simpel serta metode pembuatannya juga gampang. Tetapi, bila tidak hati- hati, rasa cireng yang Kamu buat dapat saja cuma kenyal serta hambar.

Hayam Bakakak

Nama santapan khas Jawa Barat ini memanglah lumayan unik. Tetapi, sesungguhnya olahan ini merupakan ayam yang dimasak dengan metode dipanggang. Penamaan dengan bahasa Sunda saja yang membuat olahan ini nampak unik serta membingungkan.

Nah, sesungguhnya hayam bakakak sama dengan ayam panggang pada biasanya. Tetapi, apa yang membedakan santapan khas Jawa Barat ini dengan yang lain merupakan bumbu khas Sunda yang diberikan. Pemakaian bumbu spesial ini hendak membagikan rasa ayam panggang yang begitu istimewa serta nikmat di lidah.
Tidak hanya itu, apabila ayam panggang umumnya terbuat dengan ayam yang telah dipotong- potong, hingga santapan khas Jawa Barat ini terbuat dengan ayam yang utuh. Nah, dalam penyajiannya, ayam disajikan dengan sambal merah ataupun hijau yang diucap pula dengan sambal beledug.

Kerupuk Melarat

Salah satu santapan khas Jawa Barat ini lumayan populer di golongan warga Jawa Barat. Memanglah, bila dilihat dari namanya, santapan khas ini mempunyai nama yang unik serta cenderung kasihan sebab makna melarat merupakan miskin.

Kerupuk unik ini diucap melarat sebab terbuat dengan bahan yang sangat simpel, ialah tepung aci ataupun tapioka. Tidak hanya itu, buat memasaknya, kerupuk ini tidak digoreng melainkan disangrai dengan pasir yang telah dipanaskan. Perihal inilah yang membuat santapan khas Jawa Barat ini diucap kerupuk melarat.

Tetapi, walaupun terbuat dengan bahan serta metode memasak yang sangat simpel, rasa kerupuk ini begitu khas serta renyah.
Apalagi, kerupuk melarat menghiasi etalase tempat penjualan oleh- oleh bagaikan salah satu oleh- oleh menarik dari Jawa Barat.

Sega Lengko

Opsi santapan khas Jawa Barat berikutnya merupakan sega lengko ataupun nasi lengko. Santapan khas ini tadinya banyak ditemui di wilayah Cirebon serta pula Indramayu.

Tetapi, saat ini, menu ini telah banyak ditemui di wilayah lain di Jawa Barat, apalagi sampai ke luar provinsi.

Apa yang menarik dari santapan khas Jawa Barat ini merupakan kombinasi bahan yang digunakan. Nasi lengko terbuat dengan mengkombinasikan nasi putih dengan sebagian bonus semacam tahu goreng, tempe goreng, mentimun, daun kucai, taoge, bawang goreng serta ditambahkan bumbu kacang dan kecap manis encer.

Dilihat dari komposisinya, nasi lengko merupakan santapan tradisional yang lumayan sederhana. Tetapi, rasa sajian santapan khas Jawa Barat ini sangat lezat serta kaya hendak protein.
Menu ini sesuai buat menikmati makan siang Kamu bersama rekan ataupun keluarga.

Cumi Hideung

Buat Kamu yang suka dengan olahan seafood, cumi hideung jadi salah satu santapan khas Jawa Barat yang butuh Kamu coba. Santapan khas ini bisa jadi belum sangat terkenal serta masih sedikit orang yang ketahui. Sementara itu, rasa olahan ini begitu nikmat serta menggugah selera.

Semacam namanya, santapan khas Jawa Barat ini terbuat dengan bahan cumi hideung dalam bahasa Indonesia berarti hitam sehingga dapat dimengerti kalau masakan ini berasal dari cumi yang dimasak sekalian dengan tintanya sampai nampak gelap.

Walaupun secara penampilan bisa jadi kurang menarik sebab rupanya yang cenderung pekat, tetapi santapan khas Jawa Barat ini mempunyai rasa yang istimewa lezat. Santapan ini dapat dijadikan lauk buat makan siang ataupun apalagi dimakan langsung tanpa nasi.

Karedok

Karedok merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat yang pula sangat terkenal. Santapan khas ini berisi sayur- mayur mentah serta sangat sesuai buat Kamu yang mau komsumsi santapan sehat. Secara sekilas, karedok mirip dengan gado- gado sebab keduanya memakai sayur- mayur serta disiram dengan bumbu kacang yang pedas. Tetapi, apa yang membedakannya merupakan karedok memakai sayur- mayur mentah sebaliknya gado- gado memakai sayur- mayur yang telah direbus.

Nah, sebagian tipe sayur- mayur yang digunakan buat membuat menu karedok merupakan kacang panjang, terong bundar, kol, taoge, mentimun serta pula daun kemangi.

Sebaliknya buat bumbunya, santapan khas Jawa Barat ini memakai cabai, kencur, bawang putih, kacang tanah goreng, asam, gula jawa, garam serta terasi. Dengan kombinasi bahan tersebut, hendak terbentuk bumbu karedok yang pedas, asam serta pula manis.

Empal Gentong

Empal gentong masuk dalam salah satu santapan khas Jawa Barat yang sangat populer serta digemari oleh warga.

Di Jawa Barat, menu santapan khas ini tadinya berasal dari wilayah Cirebon. Tetapi, saat ini empal gentong telah banyak ditemui di wilayah lain, apalagi di luar Jawa Barat serta digunakan bagaikan opsi menu dalam kegiatan perkawinan.

Asal nama santapan khas Jawa Barat ini merupakan terdapatnya gentong yang digunakan buat menampung kuah dari empal. Pemakaian gentong inilah yang jadi dini penamaan menu empal gentong.

Bila dilihat sekilas, empal gentong mirip dengan gulai tetapi mempunyai kuah lebih bening serta rasa yang tidak sangat pedas.
Tidak hanya itu, buat bahan utama, santapan khas Jawa Barat ini terbuat dengan daging sapi, babat dan usus. Seluruh bahan tersebut dimasak sedemikian rupa serta disajikan dengan lontong dan bonus sambal.

Batagor serta Siomay

Batagor serta Siomay, Siapa yang tidak tahu dengan kedua santapan ini? Batagor serta siomay merupakan salah satu santapan khas Jawa Barat yang telah sangat populer sampai ke luar Jawa Barat.
Di kota Kamu tiap- tiap, tentu Kamu sempat menciptakan penjual batagor ataupun siomay dengan tagline khas Bandung ataupun Jawa Barat, bukan?

Nah, pada awal mulanya, santapan ini memanglah berasal dari Jawa Barat. Mempunyai rasa yang nikmat, menu ini banyak diketahui di bermacam golongan warga sampai kesimpulannya menyebar ke lain provinsi.

Kedua santapan khas Jawa Barat ini terbuat dengan bahan yang sesungguhnya mirip. Cuma saja, perbandingan mendasar merupakan batagor digoreng sebaliknya siomay direbus serta mempunyai alterasi menu yang lebih banyak. Sajian ini disajikan dengan guyuran sambal kacang serta kecap yang buatnya begitu nikmat.

Comro serta Misro

Salah satu santapan khas Jawa Barat yang dapat dikatakan lumayan unik merupakan comro serta misro. Kedua santapan ini seakan semacam pendamping yang disajikan bersama- sama. Parutan singkong jadi bahan utama dari panganan ini sehingga dapat dikatakan comro serta misro.

Yang membedakan santapan ini yang nampak serasi, merupakan isi dari santapan tersebut. Misro merupakan santapan khas Jawa Barat yang diisi dengan sambal oncom, sebaliknya misro diisi dengan gula merah sehingga rasanya cenderung manis. Nah, baik misro maupun comro setelah itu disajikan dengan metode digoreng.

Kedua tipe santapan ini telah sangat populer di golongan warga Jawa Barat. Umumnya, comro serta misro dihidangkan buat kemilan di sore hari ditemani dengan secangkir kopi ataupun segelas teh hangat.

Surabi

Bila Solo memiliki serabi, hingga Jawa Barat memiliki Surabi. Ya, surabi merupakan salah satu santapan khas Jawa Barat yang umumnya dijual di pusat keramaian.

Menu santapan ini jadi jajanan khas yang umumnya diburu warga buat dihidangkan buat kegiatan tertentu ataupun semata- mata buat menemani waktu minum teh. Mempunyai rasa yang khas serta nikmat, tidak tidak sering bila santapan khas Jawa Barat ini begitu digemari warga.

Nah, di pasaran, terdapat 2 tipe surabi yang dijajakan, ialah surabi manis serta asin. Surabi manis disajikan dengan bonus kinca gula merah, di mana terbuat dengan kombinasi gula pasir, gula merah, santan serta pandan.

Sebaliknya surabi asin disajikan dengan bonus sambal oncom yang khas di atasnya. Tidak hanya rasanya yang nikmat, kue surabi ini dijual dengan harga yang lumayan terjangkau sehingga diburu warga.

Gepuk

Sempatkah Kamu mendengar nama santapan yang satu ini? Ya, bila dilihat dari namanya, santapan khas Jawa Barat ini memanglah sangat unik.

Gepuk merupakan santapan khas yang terbuat dengan bahan dasar daging sapi. Dalam penyajiannya, gepuk mempunyai rasa yang agak manis serta sangat gurih.

Perihal ini tidak lepas dari metode memasak santapan khas Jawa Barat tersebut. Dalam proses memasaknya, daging sapi yang telah diiris hendak direbus separuh matang serta dipukul ataupun di- gepuk, sampai seratnya sirna serta jadi lembut.

Nah, proses setelahnya merupakan daging yang telah lembut direndam dengan bumbu yang dicampur santan.

Sehabis itu, daging direbus dalam waktu tertentu sampai santan mengering. Proses panjang inilah yang menciptakan rasa gepuk begitu lembut serta nikmat. Umumnya, gepuk hendak disajikan dengan nasi hangat serta bonus sambal.

Tahu Jablay

Tahu jablay merupakan salah satu santapan khas Jawa Barat yang mulai tidak sering ditemui. Awal mulanya, energi tarik dari santapan ini merupakan dari namanya yang lumayan unik serta membuat penasaran.

Cuma saja, sebab timbulnya banyak santapan yang lain, peredaran santapan ini mulai terbatas. Tetapi, Kamu masih dapat menciptakan santapan ini di sebagian tempat di Jawa Barat.

Semacam namanya, santapan khas Jawa Barat ini terbuat dengan bahan baku tahu putih. tahu tersebut diiris dadu setelah itu diberikan bumbu spesial serta digoreng.

Sehabis itu, ketahui hendak diberikan saus spesial yang membuat rasanya jadi pedas serta gurih. Umumnya, tahu jablay dijual di pinggir sekolah ataupun pusat keramaian. Biayanya juga lumayan murah sebab satu jatah tahu jablay cuma dijual dengan harga Rp. 3. 000 saja.

Peuyeum

Siapa yang tidak tahu peuyeum. Salah satu kuliner khas Jawa Barat ini apalagi telah jadi ikon di Jawa Barat serta jadi opsi awal oleh- oleh yang dibeli dikala melancong ke Jawa Barat. Ya, terdapat banyak penjual peuyeum ataupun tapai, yang menjajakan dagangannya di bermacam posisi di Jawa Barat.

Peuyeum terbuat dengan 2 bahan yang berbeda, ialah singkong yang diucap peuyeum sampeu serta beras ketan yang diucap peuyeum ketan. Kedua peuyeum tersebut mempunyai rasa yang begitu nikmat, lezat serta cenderung manis.

Rasa nikmat pada santapan khas Jawa Barat ini tidak lepas dari proses panjang dalam pembuatannya. Bahan utama pembuatan peuyeum tersebut diproses fermentasi sepanjang sebagian waktu. Proses ini hendak menciptakan peuyeum yang lembut di lidah serta dapat disajikan bagaikan sahabat menikmati teh hangat.

Colenak

Colenak merupakan santapan yang unik dari segi nama serta mempunyai rasa yang begitu nikmat.

Kepanjangan dari colenak merupakan dicocol enak. Nah, panganan satu ini acapkali disajikan buat hajatan ataupun semata- mata buat sahabat dikala bersantai bersama keluarga.

Santapan khas Jawa Barat ini terbuat dengan bahan dasar tapai singkong yang terbakar. Sehabis itu, tapai yang telah masak disajikan dengan saus gula jawa yang telah dicampur dengan parutan kelapa muda. Semacam namanya, metode menikmati colenak merupakan dengan dicocol.

Dapat dikatakan kalau santapan ini begitu sederhana serta simpel. Tidak hanya nikmat, harga dari colenak pula lumayan murah serta banyak ada di pusat keramaian di sudut kota di Jawa Barat.

Kupat tahu

Kupat tahu memanglah ialah salah satu santapan yang lumayan kerap ditemui di bermacam wilayah, apalagi di luar Jawa Barat. Tetapi, kupat tahu senantiasa masuk jadi salah satu santapan khas Jawa Barat yang sangat digemari. Ya, perihal ini disebabkan di Jawa Barat ada menu spesial, ialah kupat tahu Padalarang.

Semacam namanya, kupat tahu ini cenderung ditemui di wilayah Padalarang serta mempunyai karakteristik khas yang berbeda daripada kupat ketahui pada biasanya.

Bila pada biasanya kupat tahu memakai bumbu kacang yang begitu kental, santapan khas Jawa Barat ini memakai bumbu yang lebih encer dengan aroma gurih serta manis. Tetapi, secara universal, santapan khas Jawa Barat ini memakai bahan- bahan yang mirip dengan kupat tahu pada biasanya. Sebagian bahan yang digunakan merupakan ketupat ataupun lontong, taoge serta pula ketahui. Umumnya, santapan ini sesuai buat menu makan siang Kamu.

Tutug Oncom

Tutug Oncom ataupun kerap diucap TO ialah santapan yang sangat direkomendasikan buat Kamu coba. Perihal ini disebabkan TO sangat tidak sering ditemui di wilayah lain di luar Jawa Barat.

Nah, santapan ini berasal dari Tasikmalaya serta sangat populer bagaikan santapan tradisional yang lumayan simpel. Tutug oncom terbuat dengan memakai bahan dasar nasi yang diaduk dengan oncom yang telah digoreng maupun terbakar.

Dalam penyajiannya, santapan khas Jawa Barat ini disajikan dengan sebagian aksesoris, semacam ketahui serta tempe goreng, ikan asin, sambal, mentimun serta tomat. Menikmati TO bagaikan menu makan siang merupakan salah satu ilham kuliner yang sangat menarik.

Bakso Goreng

Kamu bisa jadi telah sangat kerap menciptakan bakso goreng di tempat Kamu sendiri. Tetapi, menu santapan ini masuk dalam catatan kuliner khas Jawa Barat yang butuh dikenal. Ya, terdapat keunikan sendiri dari bakso goreng yang terbuat di Jawa Barat tersebut.

Salah satu keunikan santapan ini merupakan bakso diiris dengan lumayan tipis. Dengan irisan berdimensi spesial ini, kerenyahan bakso goreng hendak sangat terasa. Tidak hanya itu, bahan bakso memakai daging sehingga rasanya santapan khas Jawa Barat ini juga begitu nikmat buat cemilan.

Nah, perihal menarik yang lain merupakan bakso goreng khas Jawa Barat ini dilengkapi dengan bumbu. Kamu dapat memilah sebagian tipe rasa bumbu tabur yang disediakan, semacam keju, balado, pedas serta yang lain buat menikmati bakso goreng dengan lebih lahap.

Lotek

Salah satu santapan khas Jawa Barat ini memanglah telah sangat populer di banyak wilayah, tercantum di luar Jawa Barat. Secara universal, lotek mempunyai kemiripan dengan pecel yang berasal dari Jawa Timur. Kedua santapan ini memakai sayur- mayur fresh bagaikan bahan utama di mana nantinya hendak disiram dengan sambal bercampur bumbu kacang.

Tetapi, lotek cenderung lebih lengkap daripada pecel. Dikala proses pembuatan lotek, terdapat sebagian bahan lain yang ditambahkan yang tidak terdapat pada pecel, ialah tempe, gula merah, bawang putih serta terasi. Bonus tersebut hendak membuat rasa lotek jadi lebih nikmat.

Tidak hanya itu, rasa lotek pula cenderung lebih manis daripada pecel. Nah, santapan khas Jawa Barat ini sesuai disajikan dengan lontong ataupun nasi hangat bagaikan alternative menu makan siang.

Perkedel Bondon

Santapan khas jawa barat. Siapa yang tidak tahu dengan perkedel? Ya, santapan ini telah sangat populer sebab mempunyai rasa yang nikmat. Tetapi, di Jawa Barat, Kamu hendak menciptakan alterasi perkedel yang unik, namanya merupakan perkedel Bondon. Ini ialah salah satu santapan khas Jawa Barat yang telah sangat populer di golongan warga.

Walaupun bersama terbuat dari bahan dasar singkong, perkedel Bondon terbuat dengan bumbu Sunda yang khas buat membagikan rasa yang begitu lezat. Tidak hanya itu, metode memasak santapan khas Jawa Barat ini lumayan unik sebab wajib memakai arang ataupun kayu bakar supaya kematangan perkedel lebih merata.

Umumnya, perkedel Bondon dijadikan lauk serta dimakan cuma dengan nasi putih serta sambal. Tetapi, sebagian warga terkadang pula meningkatkan perkedel Bondon dikala menyantap soto.

Santapan Khas Jawa Barat Selanjutnya :

Combro

Combro masuk dalam catatan santapan khas Jawa Barat yang butuh Kamu tahu. Santapan khas ini acapkali diucap dengan nama gemet serta telah sangat populer di golongan warga Jawa Barat.

Bahan dasar buat membuat santapan khas Jawa Barat ini merupakan singkong yang diparut kemudian diisi dengan sambal oncom serta dibangun jadi bulatan. Sehabis itu, adonan digoreng sampai matang kemudian siap dimakan.

Butuh dikenal kalau combro sesungguhnya merupakan singkatan dari oncom ndek njero ataupun terdapat oncom di bagian dalam. Nah, bila Kamu lagi terletak di Jawa Barat serta butuh kemilan buat sahabat minum kopi, combro dapat jadi alternatif yang pas.

Doclang

Nama santapan khas Jawa Barat ini memanglah sangat unik serta bisa jadi Kamu baru awal kali mencermatinya. Nah, santapan ini sangat terkenal di Jawa Barat sebab rasanya yang lumayan nikmat serta biayanya yang dapat dikatakan lumayan terjangkau.

Santapan khas ini terbuat dengan bahan dasar ketupat, tahu, kentang, telur serta disiram dengan bumbu kacang yang khas. Tidak hanya itu, ketupat yang digunakan pula ialah ketupat spesial yang terbuat dengan daun patat bagaikan pembungkusnya.

Secara sekilas bisa jadi santapan khas Jawa Barat ini nampak semacam batagor. Tetapi, rasa doclang cenderung lebih pedas daripada batagor. Nah, di Jawa Barat, santapan ini lumayan gampang ditemui di sebagian pusat keramaian, paling utama di malam hari. Satu jatah doclang cuma dijual dengan harga Rp. 8. 000an saja.

Taoge Goreng

Sempatkah Kamu membayangkan menyantap santapan di mana taoge muncul bagaikan main course menu tersebut? Nah, bila penasaran, Kamu harus berupaya santapan khas Jawa Barat yang satu ini. Ya, di Jawa Barat, Kamu hendak menciptakan sajian unik dengan bahan dasar taoge yang bisa jadi tidak hendak Kamu temukan di wilayah lain.

Walaupun menu ini bernama taoge goreng, tetapi sesungguhnya taoge tersebut dimasak dengan metode direbus. Kata ‘gorengā€™ yang digunakan dalam penamaan santapan khas Jawa Barat ini bisa jadi berarti kering ataupun tidak berkuah.

Nah, dalam penyajiannya, taoge yang sangat banyak tersebut dicampur dengan mi rebus serta ketupat. Sehabis itu, di atas kombinasi bahan tersebut diberikan kuah oncom yang begitu nikmat. Menu simpel ini jadi primadona paling utama untuk para pecinta kuliner unik nusantara.

Gehu

Sempatkah Kamu mendengar nama santapan yang satu ini? Nah, gehu merupakan salah satu santapan yang sangat populer serta dikira bagaikan kemilan nikmat dengan harga yang sangat merakyat.

Gehu terbuat dengan bahan utama tahu. Tahu tersebut diiris dengan wujud segitiga serta berdimensi lumayan besar. Sehabis itu, di dalam tahu diberikan isi berbentuk sayur- mayur semacam kol serta wortel yang setelah itu ditambahkan bihun. Apalagi, santapan khas Jawa Barat pula diisi dengan gilingan cabai buat rasa yang lebih pedas.

Nah, setelah itu, gehu digoreng sehabis di lumuri dengan adonan tepung. Umumnya, gehu cuma dijual dengan harga Rp. 1. 000 sampai Rp. 3. 000 saja per buah. Sangat terjangkau, bukan?

Bala- Bala

Bala- bala sesungguhnya ialah nama lain dari bakwan. Pasti, Kamu telah sangat sering di dengar dengan salah satu tipe gorengan ini, bukan? Tetapi, terdapat sebagian perbandingan dari bala- bala yang jadi salah satu santapan khas Jawa Barat ini daripada bakwan pada biasanya.

Secara universal, baik bala- bala maupun bakwan memakai tepung terigu serta kombinasi sayur- mayur buat bahan utama. Tetapi, dalam perihal ini, bala- bala memakai sayur- mayur yang lebih banyak jumlahnya daripada bakwan biasa. Tidak hanya itu, santapan khas Jawa Barat ini mempunyai wujud yang lebih pipih daripada bakwan.

Wujudnya yang berbeda membuat bala- bala terasa lebih renyah daripada bakwan biasa. Nah, menyantap salah satu santapan khas Jawa Barat ini dengan ditemani segelas teh hangat di sore hari merupakan salah satu kenikmatan hakiki yang dapat Kamu rasakan!

Cimol

Cemilan khas Jawa Barat ini memanglah sangat populer apalagi di luar Jawa Barat. Nah, salah satu kuliner khas Jawa Barat ini terbuat dengan bahan dasar tepung kanji ataupun aci. Butuh dikenal kalau nama cimol ialah singkatan dari aci digemol ataupun aci yang dibangun jadi bulat- bulat.

Bahan aci tersebut dicampur dengan sebagian bahan yang lain, semacam tepung beras, tepung terigu, baking powder, merica serta garam. Nah, umumnya, cimol mempunyai sebagian isi yang berbeda. Acapkali cimol diisi dengan adonan telur ataupun saat ini terdapat pula cimol dengan isi keju serta messes.

Dalam variasinya, santapan khas Jawa Barat dibedakan jadi 3 tipe, ialah cimol kering, cimol basah serta cimol goreng. Cimol kering mempunyai permukaan yang lebih keras serta umumnya disajikan dengan bumbu bubuk. Sebaliknya cimol basah disajikan dengan saus biasa. Buat cimol goreng, cimol basah hendak digoreng terlebih dulu saat sebelum disajikan.

Tahu Kuningan

Buat Kamu yang suka dengan olahan tahu, hingga santapan khas Jawa Barat ini harus Kamu coba. Memanglah, secara universal, menu ketahui ini nampak semacam menu tahu goreng umumnya. Tetapi, terdapat perbandingan yang lumayan signifikan dari tahu goreng biasa serta tahu Kuningan khas Jawa Barat ini.

Apa yang berbeda dari santapan khas Jawa Barat ini merupakan tekstur tahu yang cenderung lebih padat daripada tipe tahu yang lain. Tidak hanya itu, rasa tahu Kuningan pula lebih gurih serta nikmat. Nah, di Jawa Barat, tahu Kuningan umumnya dijadikan kemilan yang dilengkapi dengan cabai rawit ataupun sambal.

Tetapi, acapkali, tahu Kuningan pula dijadikan lauk biasa. Nah, buat yang penasaran, santapan khas Jawa Barat ini umumnya dijajakan di tepian keramaian, paling utama di sore serta malam hari.

Opak

Sempat nonton drama Keluarga Cemara? Nah, tentu Kamu sempat mendengar nama santapan ini, bukan? Ya, opak merupakan kerupuk yang dijual oleh tokoh dalam drama tersebut. Santapan ini masuk dalam catatan santapan khas Jawa Barat yang sangat tradisional serta telah melintasi banyak generasi.

Bila dilihat sekilas, opak bisa jadi mirip dengan kerupuk yang lain. Kerupuk ini terbuat dengan bahan utama tepung beras serta tepung ketan. Terbuat dengan lumayan tipis, opak mempunyai rasa renyah serta begitu gurih dikala dimakan. Dikala ini, opak dapat dikatakan lumayan tidak sering ditemui. Tetapi, Kamu masih dapat menciptakan santapan khas Jawa Barat ini di sebagian penjual oleh- oleh khas sebab telah jadi simbol kuliner khas Jawa Barat.

Sate Maranggi

Suka dengan menu sate? Nah, sate Maranggi merupakan salah satu santapan Jawa Barat yang wajib Kamu coba. Sate ini ialah menu khas yang tadinya berasal dari Ciamis. Tetapi, dalam perkembangannya, tipe sate ini mulai menyebar ke wilayah lain, apalagi sampai ke luar Jawa Barat.

Nah, apa yang menarik dari santapan khas Jawa Barat ini merupakan bahan utama yang digunakan. Sate ini memakai bahan dasar berbentuk daging kerbau. Daging kerbau tersebut dicampur dengan bumbu semacam ketumbar, lengkuas, kunyit, jahe, kecap manis serta cuka lahang.

Dengan direndam sebagian bumbu tersebut, rasa sate Maranggi hendak sangat nikmat. Tidak hanya itu, dikala penyajian, santapan khas Jawa Barat ini dilengkapi dengan potongan lontong ataupun nasi timbel. Meni ini sesuai buat menu makan malam yang sangat nikmat.

Rengginang

Siapa yang tidak tahu dengan santapan khas satu ini? Ya, rengginang merupakan salah satu santapan khas Jawa Barat yang telah sangat populer. Santapan khas serta tradisional ini telah terdapat semenjak berpuluh tahun kemudian serta masih terdapat sampai saat ini.

Kerupuk ini terbuat dengan bahan dasar ketan. Ketan tersebut diolah sedemikian rupa dengan bonus sebagian bumbu spesial. Sehabis itu, rengginang dibangun bulat- bulat serta dijemur sampai kering di dasar cahaya matahari.

Sehabis betul- betul kering, santapan khas Jawa Barat ini hendak digoreng sampai matang. Nah, umumnya, rengginang dijadikan bagaikan kemilan, paling utama buat menemani waktu santai bersama keluarga dikala menyaksikan Televisi ataupun bercengkrama.

Ubi Cilembu

Berangkat ke Jawa Barat tidak hendak lengkap tanpa membeli ubi Cilembu. Ya, ubi Cilembu merupakan salah satu santapan khas Jawa Barat yang telah jadi ikon di Jawa Barat. Bila dilihat sekilas, nampak tipe ubi ini sama dengan ubi jalar pada biasanya.

Tetapi, kala Kamu menyantap ubi ini, hingga Kamu hendak mengenali perbandingan ubi Cilembu dengan tipe ubi jalar yang lain. Ya, ubi ini mempunyai rasa manis yang khas seperti semacam madu. Rasa manis inilah yang membuat ubi Cilembu diburu oleh para turis yang tiba.

Tidak hanya itu, santapan khas Jawa Barat ini diolah dengan metode di oven. Pemakaian oven bagaikan media masak membuat rasa asli ubi tidak lenyap serta kematangan ubi dapat lebih sempurna. Nah, umumnya, ubi Cilmebu ada di pusat- pusat keramaian, paling utama objek wisata.

Tahu Sumedang

Tampaknya, olahan tahu ini sangat populer serta telah sering di dengar di golongan warga. Ya, tahu Sumedang merupakan salah satu tipe olahan tahu yang telah tersebar luas di bermacam wilayah di Indonesia serta jadi salah satu kemilan yang nikmat.

Semacam namanya, santapan khas Jawa Barat ini berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Menu tahu ini mempunyai wujud kotak kecil serta kopong alias tidak terdapat isinya. Walaupun nampak sangat simpel, rasa dari tahu Sumedang ini begitu gurih serta nikmat.

Tidak hanya itu, buat penyajiannya, tahu Sumedang umumnya dimakan dengan lalapan cabai rawit ataupun dicocol pada sambal. Nah, harga
tahu Sumedang ini lumayan terjangkau serta banyak dijual di tepian jalur, paling utama di sore hari.

Tahu Susu Lembang

Tahu susu Lembang pula masuk dalam catatan santapan khas Jawa Barat yang butuh Kamu tahu. Nah, santapan ini tercantum olahan tahu yang sangat populer serta disukai oleh warga dekat.

Bila dilihat sekilas, menu tahu ini tidak beda dengan tahu goreng pada biasanya yang digoreng lumayan kering kemudian dihidangkan dengan cabai ataupun sambal. Tetapi, tahu susu mempunyai isi yang lebih padat di dalamnya dan lebih lembut.

Nah, tekstur yang berbeda ini didapatkan dari bonus susu dalam proses pembuatan tahu. Salah satu santapan khas Jawa Barat ini mulai timbul pada tahun 2008 yang kemudian serta saat ini jadi salah satu idola di golongan warga Jawa Barat. Kamu dapat membeli tahu susu dalam wujud mentah serta menggorengnya di rumah.

Tahu Gejrot

Awal mulanya, tahu gejrot banyak ditemui di wilayah Cirebon. Nah, sebab perihal inilah tahu gejrot masuk dalam salah satu santapan khas Jawa Barat yang begitu nikmat serta digemari oleh warga dekat. Tidak hanya sebab rasanya, harga santapan ini pula lumayan terjangkau.

Semacam namanya, tahu gejrot terbuat dengan bahan utama tahu dengan tekstur yang tebal serta berisi. Sehabis itu, tahu hendak dicampur dengan memakai kuah asam pedas yang membuat sajian ini menggugah selera. Bila Kamu pecinta kuliner pedas, hingga menu satu ini wajib Kamu coba!

Roti Unyil

Sempatkah Kamu mendengar tipe roti yang satu ini? Nah, roti unyil ialah salah satu santapan khas Jawa Barat yang saat ini lumayan populer. Diucap roti unyil sebab wujud serta ukurannya yang cenderung mini. Apalagi, roti ini pula diucap bagaikan roti sekali lahap sebab dapat habis cuma dalam satu kali makan saja.

Tetapi, walaupun mempunyai dimensi yang kecil, rasa roti unyil tidak butuh diragukan lagi. Kamu yang suka dengan olahan roti tentu hendak menggemari santapan khas Jawa Barat sebab membagikan rasa gurih yang begitu terasa.

Tidak hanya itu, dalam perkembangannya, roti unyil muncul dalam sebagian rasa yang berbeda tidak hanya rasa original.

Sebagian rasa yang timbul merupakan rasa ayam asap, roti jagung, smoke beef keju, cokelat negro serta yang lain. Terdapatnya banyak rasa tersebut pasti hendak membuat Kamu terus menjadi bebas memilah menu roti unyil cocok kesukaan.

Soto Kuning

Bila Kamu lagi berkunjung ke Jawa Barat, tidak terdapat salahnya bila Kamu berupaya santapan khas Jawa Barat satu ini. Soto kuning merupakan salah satu santapan khas yang begitu jadi idola warga Jawa Barat.

Dari namanya saja Kamu tentu ketahui kalau apa yang menarik dari santapan ini merupakan corak kuahnya yang kuning. Ya, kuah santapan khas Jawa Barat ini memanglah berbeda dengan soto biasa yang cenderung bening. Dalam pembuatannya, kuah soto ditambah dengan kunyit.

Tidak hanya itu, buat isi, soto ini memakai daging ayam, limpa, babat serta daging sapi. Awal mulanya, soto kuning timbul di kawasan Bogor. Tetapi, dikala ini, santapan khas Jawa Barat ini telah banyak ada di banyak tempat di Jawa Barat.

Lontong Kari

Bila lontong umumnya dicampur dengan bumbu kacang, hingga lontong kari merupakan sesuatu pembeda. Ya, kuliner khas Jawa Barat ini lumayan unik sebab memakai bumbu kari bagaikan kuah lontong.

Rasa kari yang lumayan pedas bercampur lontong, daging sapi ataupun ayam, kedelai goreng, bawang goreng serta telur rebus menghasilkan panganan yang begitu nikmat. Nah, santapan khas Jawa Barat ini lumayan banyak ada di kawasan Bandung. Umumnya, lontong kari dijadikan menu makan siang yang istimewa.

Nasi Jamblang Daun Jati

Menu santapan ini hendak bawa Kamu pada sensasi tradisional dalam menikmati sajian kuliner. Gimana tidak, menu nasi yang hendak Kamu santap dibungkus daun jati yang bisa jadi telah sangat tidak sering ditemui dikala ini.

Ya, nasi jamblang merupakan kuliner istimewa di Jawa Barat. Tidak cuma metode membungkusnya yang tradisional, perinci menu nasi ini juga pula tradisional. Dalam bungkus daun jati tersebut Kamu hendak menciptakan paduan nasi putih, ketahui, tempe serta sambal. Konon, menu nasi ini timbul awal kali pada dikala era kerja rodi.

Dodol Garut

Tidak afdol rasanya bila berangkat ke Jawa Barat tanpa membeli dodol Garut. Panganan ini merupakan salah satu santapan Jawa Barat yang sangat populer serta jadi ikon kuliner di Jawa Barat.
Semacam namanya, dodol ini awal kali timbul di wilayah Garut. Tetapi, saat ini dodol Garut telah ada di banyak tempat. Nah, dodol terbuat dengan bahan dasar tepung ketan, parutan kelapa serta gula merah. Rasa dodol yang begitu manis sesuai buat kemilan di siang hari.

Geco

Sempatkah Kamu mendengar nama santapan khas Jawa Barat ini tadinya? Geco merupakan santapan unik yang harus Kamu coba dikala liburan ke Jawa Barat. Sesungguhnya, nama santapan ini merupakan singkatan dari taoge serta tauco.

Tauco ialah bumbu khas yang berasal dari wilayah Cianjur. Bumbu ini terbuat dengan bahan dasar biji kedelai yang lewat proses fermentasi sehingga rasanya begitu khas. Nah, dalam penyajiannya, geco hendak disajikan dengan bonus semacam kentang, telur, ketupat serta pula ketahui.

Seblak

Seblak merupakan santapan Jawa Barat yang sangat lezat serta terkenal sampai ke luar wilayah. Santapan satu ini menawarkan rasa pedas yang begitu terasa sampai siapa yang memakannya seakan semacam diseblak.

Sesungguhnya, di dini kemunculan, seblak terbuat dengan bahan dasar kerupuk sapi yang diberi sebagian bumbu. Tetapi, saat ini mayoritas seblak terbuat dengan bahan kerupuk udang dengan kombinasi sosis, kornet, ceker ayam serta yang lain. Buat dicermati, bila Kamu tidak kokoh rasa pedas, hingga jangan mencobanya!

Dorokdok

Nama santapan ini sangat unik. Tetapi, dorokdok di Jawa Barat lumayan diketahui. Nah, santapan ini sesungguhnya merupakan kerupuk kulit. Apa yang menarik dari kerupuk ini merupakan bahan dasarnya yang memakai kulit kerbau.

Terbuat dengan wujud memanjang, sekilas dorokdok semacam rambak pada biasanya. Tetapi, dorokdok mempunyai rasa yang lebih gurih serta lezat. Pasti, harga dorokdok pula lebih mahal dibanding dengan kerupuk ataupun rambak pada biasanya. Umumnya, santapan khas Jawa Barat ini ada di bermacam pusat oleh- oleh.

Chocodot

Suka dengan olahan cokelat? Nah, terdapat baiknya bila Kamu berupaya salah satu santapan khas Jawa Barat yang satu ini. Ya, chocodot merupakan salah satu inovasi yang lumayan menarik yang timbul di warga Jawa Barat.

Santapan khas ini sesungguhnya ialah kombinasi dari bahan cokelat serta dodol. Nama chocodot sendiri sesungguhnya ialah singkatan dari chocolate with dodol garut. Uniknya, santapan khas Jawa Barat ini terbuat dengan wujud bakpao berdimensi kecil.

Nah, sampai dikala ini, chocodot ada dalam sebagian rasa yang berbeda, semacam original, cokelat susu serta cokelat pahit. Chocodot ini telah banyak menghiasi etalase pusat oleh- oleh sehingga lumayan gampang buat ditemui.

Demikian sebagian pembahasan menimpa santapan khas Jawa Barat. DariĀ bermacam- macam kabar di atas, Kamu dapat mengenali kalau terdapat lumayan banyak santapan yang dapat jadi opsi Kamu. Pasti, banyaknya opsi menampilkan betapa kaya kuliner di Indonesia. Lalu, mana santapan khas yang hendak Kamu coba awal kali?

Baca Website Rekomended kami di sini…!

Mau Makan Enak ditempat Wisata, Yuk intip Tempat yang Rekomendednya di Sini…!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *