Inisiatif Polres Kebumen: Soft Launching Satkamling untuk Tingkatkan Keamanan di Desa Kalirancang

Polres Kebumen, inisiatif keamanan, Satkamling, Desa Kalirancang, soft launching

KEBUMEN, LENSAJABAR.COM – Satuan Ketertiban Masyarakat (Satkamling) Guyub Ayem Tentren RT03/02, Desa Kalirancang, Kecamatan Alian, Kebumen dilakukan soft launching pada Jumat, 31 Mei 2024.

Soft launching dihadiri oleh Kapolres Kebumen AKBP Recky, Dandim 0709 Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, serta perwakilan Forkopimda.

AKBP Recky menjelaskan bahwa setelah dilakukan soft launching, diharapkan masyarakat bisa menjadi polisi untuk dirinya sendiri dan lingkungan sekitar, serta sebagai langkah awal deteksi sebuah kejahatan yang akan masuk desa.

Selanjutnya, setelah dilakukan soft launching, masyarakat dapat mengasah kemampuannya dalam menjaga desa, termasuk cara penggunaan peralatan Satkamling, sehingga situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dapat berjalan kondusif.

“Jika suatu desa terdapat situasi aman dan kondusif, bukan serta merta dari kepolisian ataupun TNI, justru peran paling besar adalah dari masyarakat itu sendiri. Masyarakat juga ikut menjaga wilayahnya,” kata AKBP Recky.

Menurut AKBP Recky, masyarakat harus lebih peka terhadap orang asing yang memasuki desa. Jika ditemukan sebuah bangunan dengan aktivitasnya mencurigakan, masyarakat harus lebih tanggap.

Hal ini menyusul beberapa waktu lalu Polres Kebumen mengungkap pabrik minuman keras ilegal yang telah beroperasi selama 5 tahun di Desa Karangjambu, Kecamatan Sruweng, Kebumen.

“Jika masyarakat melakukan kegiatan keamanan di lingkungan, maka kejadian ataupun kejahatan bisa terdeteksi lebih awal,” pungkas AKBP Recky.

Selanjutnya, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih mengungkapkan bahwa Satkamling di Desa Kalirancang merupakan bentuk sinergitas antara TNI, Polri, masyarakat, serta Pemerintah.

Menurut Wakil Bupati Ristawati, Kamtibmas bukan hanya tanggung jawab TNI ataupun Polri, namun tanggung jawab seluruh masyarakat Kebumen.

“Semoga dengan Satkamling ini, menjadi sarana untuk peduli terhadap keamanan masyarakat, dan bermanfaat bagi masyarakat Kalirancang,” pungkasnya.

Ristawati mengungkapkan terima kasih kepada Polda Jateng yang telah menunjuk Desa Kalirancang untuk mendapatkan hibah pembangunan Satkamling.

Kepala Desa Kalirancang, Suwito, menyambut baik soft launching Satkamling di desanya. Satkamling atau Pos Ronda di desanya merupakan satu-satunya hibah dari Ditbinmas Polda Jateng di Kabupaten Kebumen.

Bangunan tersebut dibangun persis di depan rumah Kepala Desa Kalirancang setelah melalui beberapa survei dan kajian oleh Satbinmas Polres Kebumen.

“Di sini sangat membutuhkan sekali Satkamling karena setiap RT harus ada satu. Ada yang dari swadaya masyarakat, ada yang dibangun dari bantuan pemerintah, hal ini agar Desa Kalirancang terdapat situasi aman dan kondusif,” jelas Suwito.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *