Pangdam Pimpin Sertijab 4 Jabatan Dansat dan 2 Kabalak Jajaran Kodam II/Swj

oleh

PALEMBANG,LENSAJABAR.COM – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan S.I.P. M. Hum, memimpin Acara Tradisi Korps Serah Terima Jabatan (Sertijab) empat jabatan Komandan Satuan (Dansat) dan penerimaan 2 jabatan Kabalak jajaran Kodam II/Sriwijaya sekaligus, Sabtu (1/8/2020) bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Palembang.

Keempat jabatan Dansat Kodam II/Swj yang diserahterimakan tersebut adalah Jabatan Danyonkav 5/DPC, dari Letkol Kav Syawal Al Amien, S.E., kepada Mayor Kav Muslim Rahmat T, S.H., M. Si., Danyonarmed 15/105 Tarik Chilendra, dari Letkol Arm Farid Hidayat, p.s.c., M. Sc., kepada Letkol Arm Anggeng Prasetyo, S.E., Danyonarhanud 12/SBP, dari Letkol Arh Faris Kurniawan kepada Mayor Arh Rimba Anwar, S.I.P., dan Dandeninteldam II/Swj dari Letkol Chb Ervan Rusnandar kepada Mayor Arm Dede Sudrajat. Sedangkan penerimaan kedua jabatan Kabalakdam II/Swj tersebut masing-masing, Kapuskodaldam II/Swj Letkol Inf Sahnun dan Kasetumdam II/Swj Caj (K) Eni Soerjantini, S.Pd.

Pelaksanaan Sertijab kali ini tetap mengacu pada Protokol Kesehatan yang berlaku di tengah wabah Covid-19. Dalam acara Sertijab tersebut, seluruh pejabat Kodam II/Swj tetap menggunakan masker, sarung tangan dan pengaturan jarak antar pejabat. Pelaksanaan Sertijab juga dilakukan secara bergelombang tanpa menghilangkan makna dari acara tersebut.

Sertijab pejabat Kodam II/Swj berlangsung dengan tertib dan khidmat, yang ditandai dengan penanggalan dan penyematan tanda jabatan dan penyerahan lambang satuan serta penandatanganan berita acara serah terima jabatan. Selain itu, dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Ranting jajaran Kodam II/Swj.

Mengawali amanatnya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan S.I.P. M. Hum, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejabat lama beserta istri, atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya selama ini. Semoga berbagai hal positif yang telah dicapai selama menjabat, dapat dijadikan bekal untuk terus melanjutkan pengabdian dan dedikasinya di tempat tugas yang baru.

“Kepada para pejabat baru beserta istri, saya ucapkan selamat atas kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan. Jabatan pada hakikatnya merupakan sebuah amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang nantinya akan diminta pertanggungjawabannya. Saya berharap para pejabat baru dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya”, kata Pangdam.

Pangdam juga menjelaskan bahwa, kepemimpinan seorang Komandan Batalyon, adalah _*Face To Face Leadership*_, dimana seorang Komandan Batalyon harus selalu berada ditengah-tengah anggota dalam setiap kegiatan. Hal tersebut dilakukan guna menumbuhkan kepedulian, interaksi dan komunikasi antara pemimpin dengan yang dipimpin, sehingga setiap saat dapat melihat permasalahan yang ada untuk cepat diambil keputusan dan tindakan sesuai dengan kapasitasnya.

“Berikan warna dan sebarkan energi positif di satuan yang kalian pimpin. Jangan sekedar lewat jabatan untuk melengkapi riwayat hidup, namun harus mampu mengangkat dan meningkatkan kemampuan satuan dan mampu membangun profesionalitas bagi anggotanya, apalagi satuanmu dilengkapi dengan Alutsista canggih dan modern, yang harus diawaki dan dipelihara secara profesional dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam II/Swj secara optimal dan memiliki usia pakai yang panjang”, pungkasnya.

“Laksanakan program latihan yang telah digariskan Komando Atas dengan penuh semangat dan kesungguhan. Hanya prajurit yang dilatih dan terlatihlah, yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Latihan inilah yang merupakan kesejahteraan dan kebutuhan hakiki bagi prajurit profesional”, tegas Pangdam.

Berbeda halnya dengan Denintel, sambung Pangdam, sebagai Badan Pelaksana Kodam, Deninteldam II/Swj memiliki tugas pokok menyelenggarakan kegiatan dan Operasi Intelijen yang meliputi fungsi penyelidikan, pengamanan dan penggalangan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam II/Swj.

“Untuk mampu melaksanakan tugas pokok tersebut dengan baik, maka peningkatan kemampuan Aparat Intelijen, serta pengembangan metode, teknik dan taktik Intelijen berdasarkan mekanisme dan prosedur yang benar merupakan prioritas utama yang harus diwujudkan”, ujarnya.

Diakhir amanatnya, Pangdam berpesan untuk selalu memperhatikan anak buah dan selalu mengingatkan karena itu merupakan bentuk perhatian rasa sayang kepada anggotanya.

“Sayangi anggotamu. Seorang pemimpin harus tahu permasalahan anggota dan memberikan solusinya, pemimpin harus dapat melihat prajurit dengan mata hatinya, karena kekuatan pemimpin terletak pada prajuritnya”, tuturnya.

Turut hadir dalam acara Sertijab tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Muhammad Zamroni, Irdam II/Swj Brigjen TNI Henra Hari Sutaryo, Kapok Sahli Pangdam II/Swj Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., Asrendam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, para Dan/Kabalakdam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam II/Swj beserta Ketua dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD II Sriwijaya.

(Pendam II Swj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *