Peringati Hardiknas, Gubernur HD Berikan Bantuan ke Insan Pendidikan

oleh

PALEMBANG, LENSAJABAR.COM – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru (HD) menghadiri puncak acara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021, di Ballroom Hotel Swarna Dwipa, Kelurahan Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, Senin (3/5/2021).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadiri Ketua DPRD Sumsel, Hj R.A. Anita Noeringhati SH MH, Ketua Komisi V DPRD Sumsel Susanto Aziz, Plh Kepala Perwakilan Ombudsman Sumsel, Hendrico, SH, CLA dan Para Kepala OPD Provinsi Sumsel.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, pihaknya mengimbau agar guru juga bisa berperan menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan Protokol Kesehatan (Prokes) kepada siswa/siswi serta wali murid dan masyarakat dilingkungan sekolah.

Herman Deru mengatakan, pihaknya juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada para insan pendidikan. Tak hanya PNS tenaga kependidikan, namun seluruh honorer di SLB Negeri se Sumsel juga tak luput mendapatkan bantuannya.

Penyerahan insentif kepada guru SMA dan SMK negeri se Sumsel serta bantuan uang honor kepada guru honorer SLB Negeri se Sumsel, dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Sumsel melalui Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Riza Pahlevi.

“Atas nama pemerintah Provinsi Sumsel dan segenap masyarakat Sumsel Saya mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 kepada semua insan pendidikan. Melalui peringatan Hardiknas ini mari kita terus bersemangat meningkatkan kualitas diri dan daya saing baik secara nasional, regional maupun global,” ujar Herman Deru.

Melalui momen Hardiknas ini Herman Deru juga mengajak semua insan pendidikan untuk bersama-sama intospeksi diri dan bercermin mengenai apa-apa saja yang sudah dilakukan. Termasuk apa yang harus diperbaiki, pertahankan atau tingkatkan agar tujuan pendidikan sebagai alat mencerdaskan bangsa, memberantas kebodohan dan kemiskinan dapat terwujud.

Herman Deru menuturkan, ia juga tak lupa mengajak semua insan pendidikan terus bersemangat meningkatkan kualitas pendidikan yang adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang kian dinamis.

Menurutnya, Ia memiliki mimpi jika para lulusan SMK menjadi alumni yang siap pakai. Bukan hanya dapat bekerja di berbagai bidang namun ikut menciptakan lapangan kerja karena memang memiliki keahlian.

“Selamat kepada Pengurus Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Sumsel yang baru dikukuhkan. Semoga BKK dapat berperan meningkatkan persentase penyerapan alumni di dunia kerja dan dunia usaha serta mengurangi angka kemiskinan,” ucapnya.

Herman Deru menambahkan, meski Covid 19 masih melanda namun dunia pendidikan di Sumsel menurutnya masih bisa survive. Meskipun dalam proses pembelajaran siswa saat ini terjadi transformasi dari konvensional menjadi online.

“Kita sudah tidak sabar mengkolaborasikan belajar online dan offline. Makanya kita berdoa agar segera bangkit dari kondisi ini dan menghimbau guru-guru menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan penerapan Prokes,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Provinsi Sumsel, Riza Pahlevi mengatakan, peringatan Hardiknas di Sumsel diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan di antaranya pembentukan bursa kerja SMK se sumsel.

Dikatakan Riza, pihaknya memberikan berupa penyerahan cinderamata kepada purnabakti/pensiunan PNS di lingkungan Diknas Sumsel, dan penyerahan CSR Mitsubishi berupa 1 unit mobil Expander kepada SMKN 1 Prabumulih serta Bantuan kacamata gratis kepada siswa Sma/Smk.

“Kami juga memberikan insentif bagi guru SMA/SMK Negeri di Sumsel.dan uang honor bagi guru honorer di seluruh SLB di Sumsel,” tukasnya.(Ray).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *