BUMDes Mulyo Barokah Muba Mampu Raup Omzet Rp 15 Milyar Perbulan

oleh

SEKAYU, MUBA-Guna lebih membangkitkan geliat usaha ditingkat desa, Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA resmikan gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mulyo Barokah dan Masjid Alfalah di Mulyo Asih Kecamatan Keluang, Selasa (17/11/2020).

BUMDes Mulyo Barokah ini jenis usaha yang dikelola sesuai dengan potensi yang ada yaitu supplier tanda buah sawit (TBS) khususnya kebun kelapa sawit milik masyarakat Mulyo Asih maupun masyarakat lainnya di dalam wilayah Kecamatan Keluang.

Menurut laporan Camat Keluang Debby Heryanto SSTP MSi, BUMDes Mulyo Asih ini juga telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan yang di wilayah kabupaten Muba.

Diceritakannya, modal awal dari BUMDes ini tahun 2016 berasal dari ADDK sebesar Rp. 5000.000 DD tahun 2017 sebesar Rp 3.681.000, DD tahun 2018 Rp 125.130.000, dan DD tahun 2019 Rp 200.000.000.

“Pertama, kami mengucapkan terima kasih kepada pak Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA beserta jajarannya yang hadir langsung di kecamatan yang kami cintai ini. Pada kesempatan ini perlu kami sampaikan pak Bupati, saat ini perputaran uang yang dikelola BUMDes Mulyo Barokah ini berkisar 15 milyar/bulannya. Tentunya dengan keberadaan BUMdes Mulyo Barokah ini banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh masyarakat desa Mulyo Asih terutama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,”terangnya.

Debby juga mengatakan bahwa kesuksesan yang didapatkan oleh BUMDes Mulyo Barokah tersebut tidak lepas dari peran pemerintah terutama Pemerintah desa dimana kepala desa beserta lembaga desa lainnya dan tokoh masyarakat.

Ditegaskannya, Perekrutan pengurus BUMDes Mulyo Barokah Pemerintah desa Mulyo Asih mengedepankan untuk merekrut dari kalangan pemuda-pemudi lokal Desa Mulyo Asih. Dan rata-rata pengurus BUMDes Mulyo Barokah ini berusia 29 tahun, dimana direktur BUMdes nya berumur 26 tahun yaitu Sally Siswanto SE. “Ini tentunya patut menjadi kebanggaan masyarakat desa

Selain itu secara Terpisaah disampaikan juga oleh Yudhi Habibi Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna kabupaten Muba, mengatakan Bahwa Singkronisasi Teknologi Tepat Guna di dlm pengelolaan Bumdes sangat diperlukan, apalagi utk Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 Bumdes Menjadi Sasaran Prioritas utk Pemulihan Ekonomi Nasional di Tengah Covid 19 ini sesuai dgn Permendes PDTT No.13/2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *