Dukung Citarum Harum, JPCH Kembali Gelar Program My Darling

oleh
Citarum Harum

KAB. BANDUNG, LENSAJABAR — Jurnalis Peduli Citarum Harum (JPCH) didukung Dan Sektor 3 Satgas Citarum Harum kembali mensosialisasikan program Masyarakat Yang Sadar Lingkungan (My Darling) dengan Tema “Mari Kita Menanam Sebelum Kita Ditanamkan”, bertempat di Curug Roda, Desa Mekarjaya, Kecamatan Pacet, Kab. Bandung, Minggu (18/10).

Dansektor 3 dibawah Komando Kolonel Kav. Hudiono bersama Komunitas JPCH Pimpinan Asep Mulyana dan Panitia Pelaksana My Darling Kabupaten Bandung Arbim serta panitia Hendra Bunawan (Ucok), Martika Edison, melakukan penanaman pohon dan bagi-bagi masker, bersama Wakil Bupati Kabupaten Bandung Gun Gun.

Baca Juga :

Butuh Penyegaran, Asep Mulyana Resmi Menjadi Ketua JPCH

“Ini merupakan acara ke-4 yang digelar JPCH, dihadiri kurang lebih 300 masyarakat, unsur Muspika, Wakil Bupati, Anggota DPD RI Eni Sumarni, DLHK Provinsi, Kepala Desa Mekarjaya Dindin, BPD Bubun, Pramuka Sabilulungan, Hani (Founder Gerakan Hejo), Badega, serta Tokoh Masyarakat dan komunitas lainnya,” jelas Asep Mulyana.

Asep menambahkan, sosialisasi masyarakat sadar lingkungan terutama yang berkaitan dengan Program Citarum Harum dan Pelestarian Ekosistem Lingkungan yang berada di lingkungan sekitar Curug Roda yang merupakan obyek Wisata yang belum tersentuh, yang konon katanya banyak cerita mistik.

Sementara, Wakil Bupati Gun Gun menyampaikan, dirinya selaku Wakil Bupati sangat mendukung kegiatan yang dilakukan My Darling serta Dansektor 3 untuk melestarikan alam. Terutama Curug Roda yang bisa menjadi destinasi Wisata, hal ini merupakan aset buat Desa Mekarjaya. Hal ini agar Curug Roda bisa tetap terjaga kebersihannya apalagi disini ada mata air yang bisa menjadi sumber kehidupan, kalau tidak kita rawat kasihan nanti anak cucu kita kelak bisa kekurangan air.

“Dengan menanam hari ini, mungkin bukan kita yang memetik tapi nanti mungkin anak cucu kita juga yang menikmati, karena merawat alam ini tugas kita bersama, jadi kami mendukung JPCH lanjutkan terus My Darling amazing,” lanjut Gun Gun sambil mengacungkan jempol.

Ditempat yang sama, dalam sambutannya Dansektor 3 Kolonel Kav.Hudiono menyampaikan, sangat prihatin melihat kondisi saat ini banyak hutan yang gundul sehingga menyebabkan banjir dan longsor, seperti yang terjadi di Garut Selatan dan Tasikmalaya, kita tidak berharap itu.

“Namun kita jangan terlena, kita tetap harus waspada, makanya hari ini kita bersama My Darling melakukan penanaman pohon agar hutan kita terjaga, untuk anak cucu kita nanti, mari kita menanam sebelum kita di tanam,” tegas Hudiono.

Menurut Ketua Panitia, Ucok mengutarakan, gelaran ini sekaligus mensosialisasikan Curug Roda untuk di publikasikan agar menjadi sebuah obyek Wisata yang dimiliki Desa Mekarjaya, serta kegiatan ini akan terus kami lakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program Citarum Harum bersama sektor lainnya.

“Disini kita mencoba berbaur dan berharmoni dengan alam, balutan diskusi serta sarasehan tentang alam yang harus kita jaga dan kita lindungi bersama,” ungkapnya.

Ketua My Darling Kabupaten Bandung Arbim mengatakan, My Darling ini merupakan program JPCH yang mana para Jurnalis yang tergabung di JPCH dalam rangka mendukung program Citarum Harum bukan hanya sekedar memberitakan saja namun kami juga mencoba menjadi pelaku langsung dengan cara berbaur dengan masyarakat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar sadar untuk menjaga lingkungan.

“Program ini akan terus dilakukan keliling di setiap sektor yang ada di Citarum, dan terus menggelorakan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan,” ujar Arbim.

Ngadi Utomo Ketua Umum My Darling menyampaikan, bahwa program My Darling ini dalam rangka mendukung program Sektor 3 Citarum Harum dan Pemerintah Kab.Bandung yang telah bergerak cepat untuk menjaga kelestarian alam dan kegiatan penanaman pohon secara masif dengan melibat seluruh elemen Pentahelix.

“Unsur pemerintah yang pertama mempunyai political power untuk merumuskan sebuah kebijakan melalui keputusan. Yang kedua sementara masyarakat atau komunitas disebut social power, disinilah peran My Darling Jurnalis Peduli Citarum Harum diharapkan terlibat dalam proses pembangunan di Kab. Bandung dan Jawa Barat. Yang ketiga ada akademisi, melalui kekuatan knowledge power menghadirkan ilmu yang menghadirkan hidup ini lebih cepat, lebih murah, lebih berfaidah. Keempat pentahelix, yaitu pebisnis atau pengusaha. Unsur kelima dalam pentahelix adalah media,” papar Ngadi Utomo. (Dedi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *