Hadiri Panen Tembakau, Bupati Subang Berikan Motivasi Bagi Para Petani

oleh
Bupati SUbang, Tembakau

SUBANG, LENSAJABAR.COM — Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri Panen Perdana demplot tembakau uji multi lokasi bertempat di Desa Cimeuhmal, Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang, Kamis (18/6) Pukul 08.30 WIB.

Selain Bupati Subang, dalam panen perdana tersebut hadir pula Kepala BP4D, Asda 1, Kepala Dinas Pertanian, Kabid Perkebunan Kab. Subang, Muspika Tanjungsiang, Para Kepala Desa se- Kecamatan Tanjungsiang, Ketua DPD APTI Jabar, serta para petani tembakau.

Baca Juga :

Bupati Subang Janjikan Dalam 10 Bulan Ke Depan Akses Jalan Penghubung Antar Desa menuju Desa Bukanagara Akan Rampung

Bupati Subang, H. Ruhimat kepada para petani tembakau mengatakan,” Para petani tembakau yang sudah dan sedang menanam tembakau, terus tingkatkan dan kembangkan apa yang sedang dikerjakan, agar kedepannya bisa mencapai hasil yang baik dan maksimal, sehingga Desa Cimeuhmal menjadi desa penghasil tembakau yang bagus”.

“Selaku Pemerintah, kami selaku Pemerintah akan mensupport serta marketnya juga akan dibantu, jadi bagi para petani yang sedang dan belum terjun ikut dalam bertani tembakau, jangan ragu,”tandas Ruhimat.

Bagi yang sedang bertani tembakau lanjut Ruhimat, lebih semangat lagi, semoga Desa Cimeuhmal, umumnya kab. Subang, kedepan bisa menjadi Kabupaten penghasil tembakau yang memiliki kwalitas bagus.

Sementara itu, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Wawa Tursatwa memaparkan,” dalam giat panen perdana demplot tembakau uju multi lokasi ini dengan luas areal demplot/tanah seluas 1,5 ha. Adapun jenis tembakau yang digunakan atau ditanam, demplot yang digunakan pada saat ini ada 4 jenis yakni, 1. Temanggi, 2. Nani, 3. Citrasari dan 4. Kubangsari. Tembakau yang cocok adalah jenis temanggi dan nani, nantinya 2 jenis tembakau inilah yang akan kita tanam”.

“Dikecamatan Tanjungsiang, areal lahan yang tersedia ada 25 Ha, mudah-mudahan kedepannya dari hasil perdana ini bisa memicu masyarakat yang lainnya untuk turut serta bertanam tembakau yang manfaatnya tentu akan meningkatkan perekonomian para petani itu sendiri. Hal lainnya, tentu bisa memberikan cukai kepada Pemerintah Desa dan Kabupaten Dalam Bentuk Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCHT) ini akan ada pemasukan (PAD) bagi Pemerintah daerah”katanya.

Dilokasi yang sama, Ketua DPD APTI Jabar H. Suryana memaparkan,” adapun hal yang perlu kami sampaikan bahwa tanah di Desa Cimeuhmal khususnya, ini sangat cocok untuk tembakau kwalitas putih, seperti tembakau mole, tembakau sak, tembakau hitam, tembakau merah dan tembakau hijau”.

Suryana menambahkan, untuk keberlangsungan dan berkembangnya para petani tembakau ini, akan berjalan sesuai dengan harapan masyarakat yaitu, akan membantu dan meningkatkan para petani dan penghasilan PAD bagi Pemda, dengan catatan bila didukung dan difasilitasi oleh Pemerintah.

“kami selaku Ketua DPD Asosiasi Petani Tembakau siap memberikan bimbingan teknis dilapangan, dengan ilmu dan pengalaman yang ada tentang bertani tembakau, tinggal bagaimana masyarakat yang lainnya untuk turut serta” pungkasnya. (Gerry).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *